Ingvar Rusli Genjot Latihan Fisik Selama Masa Vakum Turnamen

JuaraOlahraga.com, Surabaya, Jawa Timur 24 April 2020 - Walaupun pandemi virus corana belum berakhir di negeri ini, namun hal itu tak membuat semangat para atlet menjadi kendor untuk tetap menjalani latihan secara mandiri sesuai protokol dan arahan pemerintah.

Ingvar Abramovich Rusli
Selama virus yang oleh World Health Organization (WHO) dinamai Coronavirus disease (COVID-19) itu masih mewabah, semua turnamen tenis baik yunior, profesional dan veteran diliburkan total. Latihan dengan banyak orang pun dicegah guna mencegah atau setidaknya meminimalisir penularan virus tersebut. Hal itu juga dirasakan oleh salah satu petenis yunior putra terbaik Indonesia, Ingvar Abramovich Rusli yang terpaksa harus berlatih secara mandiri.

Remaja tampan kelahiran 4 Maret 2007 itu memanfaatkan waktu vakum dan libur panjang turnamen ini dengan menggenjot fisiknya. Hal itu seperti diungkapkan oleh Berto Rusli, ayah Ingvar.

"Selama masa libur imbas pandemi Covid-19 ini, Ingvar memanfaatkannya untuk berlatih tenis dan basket, khususnya latihan fisik secara mandiri di rumah." kata Berto Rusli saat dihubungi JuaraOlahraga.com melalui pesan singkat WhatsApp, Senin (20 April 2020). 

"Jadwalnya adalah 4 kali seminggu berlatih fitness, 5 kali seminggu tenis dan 4 kali seminggu basket." rincinya.

Diterangkannya pula, untuk semua materi program latihan telah dipersiapkan dan disusun oleh para pelatih Ingvar, baik pelatih tenis maupun basket.

"Untuk program latihan tenis kami dapat dari om Deddy Prasetyo, sementara untuk materi latihan basket kami peroleh dari klub basket Ingvar." lanjut Berto.

Dikatakannya pula, selama masa pandemi corona ini, Ingvar hanya berlatih di rumah sendiri yang telah dilengkapi berbagai fasilitas pendukung seperti, lapangan tenis dan lapangan basket dengan ditunjang sejumlah peralatan latihan fisik yang cukup lengkap.

Berto Rusli juga menjelaskan, program latihan fisik yang dilakoni oleh putranya mencakup latihan endurance (ketahanan), speed (kecepatan), agility (kelincahan), strength (kekuatan), coordination (koordinasi gerak) dan lain sebagainya.

"Movement: speed and agility, strength : upper and lower body, coordination dari basketball, balance untuk kaki." ujarnya. 

"Ya complete package, agility, balance, coordination, speed, strength, cover 5 aspek itu, juga recovery tentunya." tambahnya.

"Selain berlatih fisik, Ingvar juga tetap berlatih tenis dan basket secara mandiri seperti latihan servis dan sebagainya, juga di waktu-waktu tertentu ada jadwal berlatih dengan mas Indra." kata ayah dua remaja kembar itu.


Berikut adalah jadwal latihan dan kegiatan Ingvar Rusli selama masa pandemi corona:

Monday

08.00 - 14.00 Online Sekolah
14.30 - 16.00 Fitness
16.30 - 18.30 Tennis


Tuesdaya & Thursday


05.30 - 07.00 Tennis
08.00 - 14.00 Online Sekolah
14.30 - 16.00 Fitness
16.30 - 18.30 Basket

Wednesdaya

08.00 - 14.00 Online Sekolah
16.00 - 18.00 Tennis

Fridaya

08.00 - 14.00 Online Sekolah
14.30 - 16.00 Fitness 
16.30 - 18.00 Basket

Saturday & Sundaya

08.00 - 11.00 Tennis
16.00 - 18.00 Basket

Diakhir obrolannya bersama juaraolahraga.com, Berto menandaskan juga bila program latihan Ingvar berbeda-beda setiap harinya. Misalnya, Senin latihan berpusat pada peningkatan endurance, kemudian pada hari lainnya ada materi latihan gerakan dasar menggunakan bodyweight, core, koordinasi gerak serta strength training dan lain lain. 

Tags :

bm
Created by: Redaksi

Kunjungi juga https://www.ayotenis.com

Post a Comment